PEMASANGAN APP 3 PHASA SISTEM PENGUKURAN TIDAK LANGSUNG TEGANGAN RENDAH

PEMASANGAN APP 3 PHASA SISTEM PENGUKURAN TIDAK LANGSUNG TEGANGAN RENDAH
TUJUAN   
Instruksi Kerja dipergunakan sebagai pedoman untuk melaksanakan pemasangan alat pengukur dan pembatas (APP) system pengukuran tidak langsung-Tegangan Rendah (TR).




PERALATAN KERJA

  1.  Obeng +/-
  2. Tang potong
  3. Tang Kombinasi
  4. Tang Pengupas Kabel
  5. Tang Press 
  6. Sepatu kabel
  7. Pisau/Cutter
  8. Kunci Pas/Ring
  9. AVO Meter
  10. Ampere Tang
  11. Medan Putar
  12. Tang Segel
  13. Radio
  14. Komunikasi
  15. Formulir
  16. Laporan
  17. Pakaian kerja lapangan

PERLENGKAPAN K3
  1. Topi pengaman
  2. Sarung tangan TR
  3. Sepatu bersol karet

MATERIAL

  1. kWh Meter Elektronik 
  2. Trafo Arus TR
  3. Pembatas Arus
  4. Box APP 3 phasa
  5. Kabel NYAF 4 mm
  6. Kabel NYAF 2.5 mm
  7. Sepatu kabel
  8. Isolasi Band
  9. Kawat Segel
  10. Flexible Conduit

REFERENSI
Standar pemasangan APP

LANGKAH KERJA

  1.  Minta ijin kepada pihak pelanggan bahwa Petugas akan melaksanakan pekerjaan pemasangan APP.
  2. Siapkan perlengkapan K3.
  3. Siapkan peralatan kerja.
  4. Siapkan material.
  5. Kenakan perlengkapan K3.
  6. Pasang Box App 3 phasa pada posisi terbaik (bebas terik matahari).
  7. Pastikan sumber tegangan dari PLN masih dalam keadaan belum bertegangan.
  8. Lakukan pemasangan pengawatan (wiring) sisi Primer ; Kabel TR dari PLN, Trafo Arus TR dan Pembatas Arus sisi PLN hingga ujung kabel pelanggan di pembatas arus PLN (sesuai diagram pengawatannya).
  9. Tentukan polaritas Trafo Arus TR: P1 untuk sumber, P2 untuk instalasi dan S1 untuk arus masuk ke meter, S2 untuk arus keluar dari meter.
  10. Lakukan pemasangan kWh meter elektronik pada Box APP dengan posisi tegak lurus dan estetika simetris.
  11. Persiapkan kabel NYAF 4mm dan kabel NYAF 2,5mm, ukur panjang yang diinginkan antara posisi Trafo Arus dan Sumber tegangan ke terminal meter.
  12. Kemudian masukan kedua jenis kabel tersebut kedalam plastik pelindung Flexible Conduit dan rapikan sistem pemasangannya.
  13. Lakukan pemasangan pengawatan Arus dari Trafo Arus ke kWh meter elektronik (sesuai diagram pengawatan APP pengukuran tidak langsung Tegangan Rendah).Perhatikan : Ujung kabel NYAF dipasang sepatu kabel sesuai ukuran/jenis dan dipres menggunakan Tang Press sesuai ukuran kabel tersebut.
  14. Bila pemasangan disisi primer dan sekunder  seperti point 9 s/d 13 telah selesai, lakukan pemeriksaan rangkaian (cocokan dengan diagramnya)
  15. Sebelum dialiri arus listrik, terlebih dahulu pasang penutup Trafo Arus TR kemudian pasang kawat+timah segel dan di press dengan Tang Segel , catat kode atau nomor matrys segel tersebut pada formulir laporan
  16. Pastikan Pembatas Arus ke arah Instalasi listrik pelanggan dalam keadaan terbuka (OFF), kemudian masukan sumber tegangan rendah dari PLN ke arah rangkaian APP yang baru dipasang tersebut.
  17. Ukur nilai tegangan rendah pada terminal pembatas Arus, terminal kWh meter elektronik dengan menggunakan Volt meter, catat hasilnya pada formulir laporan. 
  18. Apabila nilai tegangan telah diketahui dan tidak terdapat kelainan (hilang tegangan, over tegangan atau pincang tegangan), lakukan pengukuran arah putaran phasa menggunakan medan putar dan pastikan arah putaran kanan.
  19. Informasikan kepada pelangganbahwa akan dicoba memasukan (ON) Pembatas Arus sehingga aliran lIstrik akan tersambung pada Instalasi listrik pelanggan dan dipastikan sudah siap dan bebas hubung instalasi.
  20. Apabila instalasi listrik pelanggan sudah dinyatakan siap maka masukan pembatas arus PLN. Informasikan kepada pelanggan bahwa pasokan tenaga listrik sudah tersambung pada instalasi listrik pelanggan
  21. Lakukan pengukuran beban disisi primer dengan menggunakan Tang Ampere (meter Ampere) dan secara bersamaan lakukan pengukuran daya listrik disisi kWh meter elektronik dengan menggunakan Stop Watch.
  22. Hitung hasil pengukuran pada point 21 diatas dan catat hasilnya pada formulir
  23. Apabila hasil perhitungan disimpulkan baik, maka tutup dan pasang segel pengaman pada penutup (cover) terminal kWh meter elektronik.
  24. Catat kode atau nomor matrys segel tersebut pada formulir laporan.
  25. Kemasi peralatan kerja dan material yang tidak dipergunakan
  26. Bersihkan lokasi tempat kerja seperti keadaan semula
  27. Buat laporan dan Berita Acara yang ditandatangani oelh Petugas PLN dan pihak pelanggan
  28. Informasikan kepada pihak pelanggan bahwa pekerjaan telah selesai dan telah disegel dalam keadaan baik. Selanjutnya para petugas minta ijin untuk meninggalkan lokas
Terima kasih sudah membaca blog saya,Mari kita Belajar dan Sharing Bersama silahkan tinggalkan komentar anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar anda

Silinder penggerak tunggal

Silinder penggerak tunggal Pada silinder ini udara bertekanan yang diberikan pada silinder hanya satu arah saja, sehingga jenis ini menghasi...