KENDALI LANGSUNG DARI SILINDER AKSI TUNGGAL


TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS

Mahasiswa dapat mengenal dan  menggunakan dasar dasar dari pengontrolan silinder aksi tunggal.

DASAR TEORI

Pendahuluan  
Teknologi Pneumatik: merupakan energi potensial yang dihasilkan berupa tekanan udara dan digunakan untuk mengendalikan gerakan linier dan aktuator.

Sistem pneumatik terdiri :
  • Kompressor  yang mengubah udara yang dihasilkan olehn motor listrik menjadi daya pneumatik untuk menggerakan aktuator
  • Katup-katup yang mengendalikan arah aliran fluida.
  • Tekanan udara atau  pengendalian aliran udara oleh katup sesuai level yang diperlukan untuk digunakan pada aktuator atau motor pneumatik
  • Aktuator yang mengkonversikan tekanan udara menjadi gerakan mekanik
  • Konektor yang menghubungkan berbagai komponen sistem untuk menghasilkan gerakan atau gerakan statis

Kendali Lansung


Pengendalian langsung digunakan pada rangkaian pneumatik untuk mendapatkan  fungsi pengontrolan sebagai berikut :
  • Pengontrolan gerakan aktuatot secara langsung melalui katup (power valve)
  • Menentukan alternatif arah aliran fluida (shunt valve)
  • Menentukan logika fungsi pengendalian (fungsi AND dan OR)
  • Stop dan start aliran fluida
  • Merasakan posisi aktuator ( limit valve)
Dalam praktikum berikut mengenai pembahan pengontrolan gerakan aktuator secara langsung melalui katup.Penggunaan katup kendali lansung untuk mengendalikan gerakan linier atau  aktuator memiliki karakteristik bi-stable atau di reset ke posisi normal( mono-stable) ketika pergerakan yang dikendalikan oleh katup dibatalkanl. Penggunaan pengendalian aktuator/silinder aksi tunggal secara langsung dimana operasional gerakan dilakukan langsung oleh katup.

DAFTAR ALAT DAN BAHAN


KESELAMATAN KERJA

Praktikan harus membaca lembaran data masing – masing komponen yang digunakan ( terdapat pada lampiran ) untuk memahami karakteristik dan batas kinerja yang diizikan dari masing-masing komponen sebelum digunakan dalam percobaan.  Selalu menetapkan kondisi regulator udara dalam posisi off pada saat merangkaian rangkaian. Sebelum dilaksanakan percobaan rangkaian harus diperiksa oleh pengajar.

LANGKAH KERJA
  1. Pasangkan regulator tekanan pada alumanium panel, pastikan katup keluaran dalam posisi off, hubungkan saluran masukan dengan sumber udara (kompressor), atur tekanan pada nilai 6 bar
  2. Pasangkan  penghubung distribusi 8 jalur  pada alumanium panel, hubungkan katup keluaran regulator ke jalur masukan penghubung distribusi 8 jalur .
  3. Susun rangkaian sesuai dengan gambar 1
  4. Tekan  pushbutton katup  dan observasi hasilnya. Silinder akan menampilkan  aksi maju, lepaskan pushbutton, silinder akan menampilkan aksi mundur.




Dari Gambar Diagram rangkaian kendali langsung dari silinder aksi tunggal diatas. Bagaimana hasil setelah melakukan praktikum  dari teman - teman sekalian. Jelaskan Hasil observasi di Komentar. Biar kita bisa Sharing Bersama-sama.
Terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar anda

Silinder penggerak tunggal

Silinder penggerak tunggal Pada silinder ini udara bertekanan yang diberikan pada silinder hanya satu arah saja, sehingga jenis ini menghasi...